Kamis, 17 November 2016

Kata - kata Mutiara Cinta Bahasa Arab

Cinta suci adalah cinta yang lahir dari kesucian dan kemurnian hati tanpa ada campuran tangan dari siapapun, bukan mencinta karena fisik dan paras wajah serta harta kekayaan. Tapi mencintai dan menyayangi karena ridho dan rahmat Allah Swt.
Baiklah, langsung saja anda menyimak pembahasan utama artikel berikut di bawah ini :

 الحب الحقيقي يكون بين الطرفين ويصحبه الصدق والامانه ما عادا ذلك فيكون خيال

  • Al Hubbul haqiiqii yakunu baina thorfaini wa yushohibuhus shidqu wal amaanah. maa 'ada dzalika fayakuuna khoyaal. (Cinta itu melibatkan dua belah pihak dan disertai kejujuran dan amanah. Jika tidak, maka cinta hanyalah hayalan)

 فكرت ان اهديك عيونى .. ولكن خفت ان اشتاق اليك فلا اراك


  • Fakartu an uhdika 'uyuunie... walakin khiftu an asytaaq ilaiki falaa aroki. (Aku berfikir untuk menghadiahkan mataku untukmu, tapi aku takut jika aku merindukanmu aku tidak akan bisa melihatmu)

ظننت قلبي قوي ما يهزه غيابك .. طلع مثل الورق يرجف من بعادك


  • Dzhonantu qolbii qowiyyun ma yahuzzuhu ghiyaabaki, thola'a mitslul warokun yarjufu min bi'aadika. (Aku kira hatiku sudah kuat untuk menahan guncangan atas kepergianmu. Tapi nyatanya hati ini seperti daun kering tatkala jauh darimu)

 أروع القلوب قلبك .. وأجمل الكلام همسك .. وأحلى ما في حياتي حبك


  • Arwa'ul quluub qolbuk... wa ajmalul kalaamu himsuk.... wa ahla maa fii hayaatii hubbuk. (Hati yang paling menakjubkan adalah hatimu, suara yang paling indah adalah bisikanmu dan hal termanis dalam hidupku adalah mencintaimu)

 لو كانت النجوم تتكلم كنت ارسلت مع كل نجمه كلمه بحبك


  • Laukaanatunnujum tatakalamu, kaanat arsaltu ma'a kulli najmahu kalimatun bihubbik. (Kalau saja bintang-bintang bisa bicara, maka aku akan kirimkan lewat semua bintang kata aku cinta kamu)

 من السهل أن تطرد جيش استعمر وطنك.. ولكن من الصعب أن تطرد حب استعمر قلبك


  • Minassahl an tathruda jaisyul isti'mar wathonika, walakin minassho'b an tathrudal hubba ista'maro qolbaka. (Mengusir tentara penjajah dari negaramu itu perkara yang mudah, yang lebih sulit adalah mengusir cinta yang telah menjajah hatimu)

 عارف ايه الفرق بين صوتك و الرصاصة ؟ الرصاصة تاخد الروح وصوتك يرد الروح


  • 'Arifu ayatal farqu baina shoutika warshoshotu tuhdarrouhun washoutuka yardurrouhun..(Taukah kamu apa perbedaan suaramu dan suara senapan ? Suara senapan mencabut nyawa sedangkan suaramu mengembalikan nyawa)

 يـسألوني لماذا أحبك !! اغبياء. كأنهـم يـسألوني لماذا اتنفس


  • Yas alunii limaadza uhibbuk ?? Aghbiya'a.... kaannahum yas'aluuni limadza atanaffas ? (Orang-orang bertanya padaku kenapa aku mencintaimu. Sungguh mereka itu sangat bodoh, karena mereka seakan-akan bertanya padaku untuk apa aku bernafas)

  لو أن الحب كلمات تكتب ,, لانتهت أقلامي ,, لكن الحب ,أرواح توهب


  • Lau aanal hubbu kalimat taktabu lantahat aqlamiei.. lakinal hubbu rouhan tuhib. (Kalaulah cina itu kata yang harus ditulis, niscaya penaku sudah habis. Tapi untunglah cinta itu adalah udara yang terus berhembus)

  عِندمّا نُحبْ تَرتبِط مشآعِرُنّا بِ الخَوف ، نَخافُ الفقدْ .. نَخافُ الفُرآق ؛ وَ نخافُ النَصِيب أكثَر


  • 'Indama nuhibbu tartabitu masy'airina bil khouf, nakhoful faqda, nakhoful firoq, wa nakhofu an Nashib aktsar. (Tatkala kita mencintai, perasaan kita akan merasakan ketakutan; takut kehilangan, takut perpisahan dan takut berbagi)

لو جمعت أيام عمري من فرح ... ما تساوي لحظة من وقتي معك


  • "Lau jama'tu ayyaama 'umri min farohin... maa tusaawii lahdhota min waqtii ma'aki". (Kalaulah aku kumpulkan saat-saat gembira dalam hidupku, semuanya tidak akan dapat menyamai indahnya waktu yang aku habiskan denganmu)

 لو عرف الحب مقدار حبي لك لتمنى الحب أن يكون حبيبتي


  • "lau 'arofal hubbu miqdaaro hubbie laka... latamannal hubbu an yakuuna habiibati. (Kalau saja Cinta tahu besarnya cintaku padamu, niscaya Sang Cinta akan berharap untuk menjadi kekasihku")

عندما افتقدتك لن أبحث عنك بعيدا... بل سأنظر إلى أعماق قلبي حيث تكون دائما


  • 'Indama iftaqdinuka lan abkhos 'anka ba'iida ... bal saandhuru ilaa a'maaqi qolbi haitsu takuunu daaiman. (Saat aku kehilanganmu, maka aku tidak akan jauh-jauh mencarimu. Tapi cukuplah aku mencarimu di dalam lubuk hatiku yang engkau selalu berada di sana)

 ليس الحب أن نبقى دائما بجانب من نحب ولكن الحب أن نبقى في قلب من نحب


  • "Laisal hubbu an nabqo daaiman bijaanibi man nuhibbu, wa lakinal hubbu an nabqo fii qolbi man nuhib." (Cinta bukan berarti kita selalu berada  di sisi orang yang kita cintai... Tapi cinta itu adalah tatkala kita berada dalam hati orang yang kita cintai)

 الشخص المهم في حياتك, ليس الشخص الذي تشعر بوجوده .... و لكنه الشخص الذي تشعر بغيابه


  • "Syakhsun muhimm fii hayaatika laisa syakhsulladzi tasy'uru biwujudihi. Walakinahu syakhsul ladzi tasy'uru bigiyabihi." (Sosok penting dalam kehidupanmu bakanlah sosok yang dapat kamu rasakan keberadaannya. Namun sosok penting dalam hidupmu adalah sosok yang kamu dapat rasakan kepergiannya)

 من يحبك لن يتركك و لو كنت شوكا بين يديه


  • "Man yuhibbuka lan yatrukuka walau kunta syaukan baina yadaihi" (Orang yang benar-benar mencintaimu tidak akan pernah meninggalkanmu sekalipun engkau menjadi duri yang menghadang di hadapannya")

 الرجُل ورقـة كُتب عليها  أرجو الاهتمـام  المرأة ورقة كُتـب عليها  أرجو الاحتـــرام  فأهتمــي بزوجـــك يحترمك.. وأحترمْ زوجتك تهـتم بــك 


  • Ar Rojulu warokotun kutiba 'alaiha "arjul ihtimam". al marotu waroqotun kutiba 'alaiha "arjul ihtirom" Fahtami yazwajika yahtarimuka, wahtarim zaujatika tahtam bika. ("Laki-laki bagaikan kertas yang diatasnya tertulis " mohon perhatian" sedangkan perempuan bagaikan kertas yang di atasnya tertulis "mohon hargai". Wahai istri; perhatikanlah suamimu maka iapun akan menghargaimu... wahai suami; hargai istrimu maka ia akan memberikan perhatian padamu")

 يحلم الرجل بأمرأة كاملة و تحلم المرأة برجل كامل و لا يعلمون أن الله خلقهم ليكملا بعضهم البعض


  • "Yahlumur rojulu bi imroatin kaamilatin, wa tahlumul maratu birojulin kaamilin. Wa laa ya'lamuuna annalloha kholaqohum liyukmilaa ba'dhohum al ba'dho. (Seorang laki-laki selalu mengidam-idamkan seorang wanita yang sempurana dan wanitapun begitu selalu mengidam-idamkan laki-laki sempurna. Padahal mereka tidak faham bahwa Alloh mencipatakan mereka untuk saling melengkapi satu sama lain)

 إذا لم يزدك البعد حبا فأنت لم تحب حقا


  • "idza lam yazidkal bu'du hubban, fa anta lam tuhib haqqon" (Jika jarak (yang jauh) tidak menambah rasa cintamu, berarti engkau memang belum mencintainya)

 لا أريد سوى أن أكون شيئا جميلا في حياتك يرسم على شفتيك الإبتسامة كلما خطرت على بالك



  • "laa uriidu siwa an akuuna Syaian jamiilan fii hayaatika yarsumu 'alaa syafatika al ibtisamah kullamaa khotortu 'alaa baalika" (Aku tidak ingin  kecuali menjadi sesuatu yang indah dalam hidupmu yang dapat melukiskan senyum di atas kedua bibirmu tatkala engkau mengingatku)

 العيون تنسى من رأت و لكن القلوب لا تنسى من أحبت



  • Al uyuuni tansa man roati, walakinal qoluuba laa tansa man uhibbat. Mata akan lupa siapa yang ia lihat. Akan tetapi hati tidak akan lupa siapa yang ia cinta.

 عندما تحب شخصا بلا سبب كن متيقنا بأن لا ألف سبب قادر على نزعه من قلبك


  • 'Indamaa tuhibbu syakhson bilaa sabab, kun mutayaqqinan bi annaa laa alfa sabab  qodirun 'ala naz'ihi min qolbika. (Tatkala engkau mencintai seseorang tanpa sebab, saat itu pula yakinlah bahwa seribu sebab sekalipun tidak akan bisa mencabutnya dari hatimu)

 أحبك في كل لحضة تمر في حياتي



  • "Uhibbuki fii kulli lahdzotin tamuru fii hayati" (Aku mencintaimu sepanjang waktu dalam hidupku)

 ما أجمل أن تجد قلبا يحبك دون أن يطالبك باي شيء سوى أن يراك بخير


  • "Maa ajmala an tajida qolban yuhibbuka dinuu an yuthollibuka bi ayyi syain siwaa an yarooka bikhoirin. (Betapa indahnya jika engkau menemui hati yang tidak pernah menuntut apa apa darimu kecuali sebatas keinginan untuk melihatmu dalam keadaan baik)

لا أريد شيئا من الدنيا فأنا أشعر انني أخذت نصيبي من الفرح حين أحببتك


  • "Laa uriidu syaian minaddunnya fa anaa asy'uru annanii akhodztu nashibii minal farahi hiina uhibbuki" (Aku tidak mau sesuatu dari dunia ini, karena aku sudah merasa mengambil semua jatah kebahagiaanku saat aku mencintaimu")

 سأظل احبك و إن طال انتظاري ... فإن لم تكن قدري فقد كنت إختياري


  • "Sa adhzillu uhibbuka wa in thoola intidhzor... fainlam takun qodrii;l faqod kunta ikhtiyaari. (Aku akan selalu mencintaimu walaupun penantian itu begitu lama ... jika engkau memang bukan taqdirku, maka aku bahagia telah memilihmu)

 لا يهم كم يبقى لي من  عمر ... المهم أن العمر كله أبقى معك



  • "laa yuhum kam yabqo lii minal 'umri...almuhim annal 'umro kulluhu abqo ma'aka". (Aku tidak tahu sisa umurku, tapi yang penting aku bersamamu sepanjang umur")

 من يحبك يرى فيك جمالا لم تراه أنت في نفسك



  • "Man yuhibbuka yaro fiika jamaalan lam tarohu anta fii nafsika" (Orang yang mencintaimu melihat sebuah keindahan pada dirimu yang kau sendiri tidak perna melihatnya)

 ما أصعب أن تحب شخصا بجنون أنت تعرف انك له لن تكون



  • "Maa ash'ab an tuhibbu syakhson bi junuun wa anta ta'rifu annaki lahu lan takuun" (Betapa susahnya tatkala engkau mencintai seseorang yang engkau sendiri tahu ia tidak akan pernah jadi milikmu")

 قلبي لا يرى إلا حبيبا له


  • "Qolbii laa yaro illaa habiballahu" (Hati ini tidak akan melirik selain pada kekasihnya")

 أخاف عليك من أي حزن يسرق ابتسامتك



  • Akhofu 'alaika min ayyi huznin yasriqu ibtisamataka (Aku selalu menghawatirkanmu dari setiap kesedihan yang akan mencuri senyummu")

 ثلاث من كن فيه و جد حلاوة الإيمان: و ذكر منها أن يحب المرء لا يحبه إلا لله



  • Tsalatsun man kana fiihi wajada halawatal iimaan. wa dzakaro minha ... an yuhibbal mar'a laa yuhibbuhu illaa lillahi. (Tiga hal yang apabila terkumpul dalam diri seseorang maka ia akan mendapatkan manisnya iman; .... salah satunya mencintai seseorang semata-mata karena mencari ridho Allah)

 الحب كلمة من حرفين عجز كثير من الناس تفسيرها.حب الحاء = حيره الباء = بلاء 


  • Al Hubbu kalimatun min harfain, 'ajiza katsiirun minan naas tafsiruha. "Hubbun" haa': hairohul Baa': bala'. (Al Hubbu (cinta) merupakan sebuah kata yang terdiri dari dua kata dan sedikit orang yang bisa menafsirkannya. Ha'= Hairoh (kebingungan) Ba': Balaa' (ujian).

 الحب هو ان تعيش حياة محبوبك بفكرك و قلبك و شعورك كما يعيشها هو



  • Al hub huwa an Ta'isyu hayata mahbuubika bifikrika wa qolbika, wa syuurika kama yai'syu huwa. (Cinta itu adalah engkau dapat merasakan kehidupan orang yang engkau cintai dengan segenap pikiran, hati dan perasaanmu)

 الحب ان يرى المحبان الحياة كلاهما بعين محبوبه



  • Al hub an yarol muhibban al hayata kulaahumaa yu'iinu mahbubihi. (Cinta adalah tatkala dua orang yang saling mencintai mememandang dunia dan mereka saling membantu satu sama lain)


Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan yang penuh hikmah ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, pengetahuan dan wawasan anda semakin bertambah. Disamping itu, cintailah pasangan hidup anda karena kesucian dan kemurnian hatinya, karena semuanya itu adalah sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya cinta. Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Ibu & Ayah

sungguh banyak pengorbananmu Ibu ! pengorbanan seseorang yang tidak akan pernah tergantikan adalah pengorbanan seorang ibu. Ibu adalah se...